Analisis Perusahaan
TUGAS
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
(PERUSAHAAN SAMSUNG)
DISUSUN OLEH :
CAHYA AMIRAHMADI (11116504)
RELISTA FARIS HAKIM (16116165)
RUFUS YUDHISTIRA K (16116704)
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
SAMSUNG
1. Service Strategy
a. Mematuhi
standar hukum dan etika.
b. Menjaga
budaya organisasi yang bersih.
c. Menghargai
pelanggan, pemegan saham, dan karyawan.
d. Peduli
terhadap lingkungan, kesehatan dan keselamatan.
e. Warga
perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial.
2. Service Design
a. Design coordination
i.
Menghargai hak asasi manusia yang dimiliki
setiap individu . Samsung menyediakan kesempatan yang sama bagi seluruh
karyawan, pemegang saham, dan pelanggan.
ii.
Samsung sangat mendukung dengan adanya hak untuk
bekerja dengan sukarela dan berkomitmen untuk melarang adanya paksaan.
iii.
Seluruh karyawan didorong untuk meraih
kesepahaman yang mendalam tentang kebutuhan, gaya hidup dan perubahan perilaku
dari customer.
b. IT Service Continuity Management
Di Samsung, manajemen kesinambungan bertujuan untuk menciptakan nilai berintegritas.
Tidak hanya menciptakan nilai ekonomi dengan memaksimalkan keuntungan dan nilai
pemegang saham, tapi Samsung juga lebih bertanggung jawab untuk menciptakan
nilai-nilai sosial sebagai masyarakat global. Selain memberikan produk dan jasa
yang inovatif serta rantai nilai berdasarkan nilai-nilai utama yang dicapai di Samsung, mereka juga menciptakan nilai-nilai di bidang ekonomi,
sosial dan lingkungan. Samsung mengawasi dampak keuangan dan non-keuangan yang digunakan
pada masyarakat sepanjang proses sehingga Samsung dapat memaksimalkan dampak
positif serta meminimalkan berbagai hal negatif.
c. Supplier Management
Samsung
Electronics memiliki rantai pasokan yang sangat besar, terdiri dari sekitar
2.500 pemasok di seluruh dunia. Beberapa di antaranya memasok bahan baku atau
komponen, sedangkan pemasok lain menyediakan peralatan, namun semuanya
sama-sama penting. Samsung menyadari bahwa jika semua pemasok ini
berpartisipasi dalam Manajemen Hijau, akan terjadi efek riak yang lebih luas,
jadi Samsung memberi dukungan teknis dan ekonomi kepada pemasok dan menunjuk konsultan bagi mereka. Dengan
demikian, Samsung mendorong mereka untuk
aktif beralih ke Manajemen Hijau dan Samsung membuat rantai pasokan yang
berkesinambungan. Selain itu, ketika memilih pemasok baru, Samsung melakukan
evaluasi manajemen lingkungan melalui program sertifikasi internal
perusahaannya, yakni skema Eco-Partner . Keputusan akhir dibuat setelah
evaluasi, yang meninjau nilai lingkungan kandidat, kesediaan mereka untuk
terlibat dalam produksi ramah lingkungan, dan sejauh mana calon mitra telah
mempraktikkan nilai-nilai ini.
3. Service Transition
a. Transition planning and support
Samsung Electronics ("Samsung") berusaha untuk mendorong
perubahan positif dan berkontribusi pada dunia yang lebih baik melalui produk
dan layanan inovatif. Nilai-nilai inti, [orang-orang, keunggulan, perubahan,
integritas, dan kemakmuran bersama] menunjukkan dedikasi Samsung terhadap masa
depan yang lebih cerah bagi umat manusia, dan merupakan jantung dari setiap
keputusan yang Samsung buat. ‘Kode Etik Global’ Samsung didirikan pada lima ‘Prinsip Bisnis Samsung’
dan memastikan bahwa Samsung mempertahankan diri pada standar tertinggi dalam
mematuhi hukum dan etika. Karyawan Samsung, bertanggung jawab untuk menjaga
standar etika yang tinggi dan menjalankan bisnis dengan integritas. Karyawan
Samsung adalah duta merek Samsung dan dalam segala hal yang Samsung lakukan,
Samsung menjunjung tinggi standar tanggung jawab sosial, integritas, dan akuntabilitas
perusahaan. 'Pedoman Perilaku Bisnis' ditulis berdasarkan 'Kode Etik Global'
kami untuk tujuan ini: untuk membantu memandu karyawan di Samsung dalam membuat
keputusan yang tepat. Samsung menghormati dan melindungi hak asasi manusia yang
mendasar dengan mempertimbangkan prinsip dan standar hak asasi manusia
internasional yang ditetapkan dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia,
Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia, Organisasi untuk
Kerjasama Ekonomi dan pedoman Pembangunan untuk perusahaan multinasional , Konvensi
PBB tentang Hak Anak, Deklarasi ILO tentang Prinsip dan Hak Fundamental di
Tempat Kerja, dan hukum negara tempat Samsung beroperasi. Samsung adalah
anggota dari Koalisi Kewarganegaraan Industri Elektronik (EICC) dan Samsung
juga mematuhi Kode Etik EICC dan metode implementasinya di seluruh perusahaan
dan pemasok Samsung. Kode EICC mengacu pada standar yang diakui secara
internasional, untuk memajukan tanggung jawab sosial dan lingkungan dan etika
bisnis.
b. Knowledge
management
Aset dan lokasi Samsung hanya akan digunakan untuk tujuan melakukan
bisnis sebagaimana diizinkan oleh manajemen. Samsung tidak mengizinkan
pencurian, kerusakan, atau penggunaan tanpa izin atas aset dan lokasi Samsung.
Selain itu juga melarang penggunaan aset dan tempat yang tidak pantas oleh
pihak eksternal seperti teman atau keluarga.
Karyawan tidak boleh menggunakan aset dan tempat Samsung karena alasan
pribadi. Namun, penggunaan pribadi insidentil mungkin diizinkan oleh manajemen,
asalkan tidak melanggar undang-undang atau kebijakan perusahaan, membuat
konflik kepentingan, menimbulkan biaya tambahan atau mengganggu pekerjaan
karyawan.
4. Service Operation
a. Request Fulfillment
Samsung akan terus membawakan nilai nyata kepada pelanggan dengan
meluncurkan beragam produk dan teknologi. Produk mereka yang ground-breaking
dan fokus pada pelanggan akan menantang rutinitas dan stereotip, yang memimpin
pasar dengan membawakan inovasi yang sebenarnya dan kemudahan bagi para
pelanggan Samsung yang berharga. Samsung akan mempertahankan posisi terdepan di
pasar dengan produk yang premium dan inovatif seperti lemari es Family Hub
dengan fitur teknologi pengenal suara canggih yang dijamin mampu meningkatkan
komunikasi keluarga, lemari es FlexWash yang dapat mendukung dua proses mencuci
yang bersamaan atau terpisah untuk kapasitas cucian dan jenis kain yang
berbeda, dan juga AC Bebas angin untuk tetap merasa sejuk tanpa angin langsung.
Selain itu, Samsung terus berinvestasi dalam merevolusi produk dan metode
distribusi untuk bisnis B2B yang sangat menguntungkan dan berkembang pesat.
b. Problem Management
i.
Menerima dan menghargai feedback dari pelanggan.
ii.
Menggunakan teknik pemecahan masalah yang
efektif
iii.
Mengetahui dan memahami harga sesungguhnya dari
kualitas yang baik
iv.
Tidak pernah kehilangan focus terhadap konsumen
5. Continual service improvement
a.
Mengentaskan segala bentuk kemiskinan di
mana saja
b.
Menghentikan kelaparan, meningkatkan
keamanan pangan, dan mendorong pertanian yang berkesinambungan
c.
Menjamin hidup sehat dan meningkatkan
kesejahteraan bagi segala usia
d.
Menjamin kualitas pendidikan dan
meningkatkan kesempatan belajar jangka untuk semua orang
e.
Mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan
wanita dan perempuan
f.
Menjamin ketersediaan dan pengelolaan air
yang berkesinambungan serta sanitasi untuk semua orang
g.
Menjamin akses ke energi yang
berkesinambungan bagi semua orang
h.
Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang
berkesinambungan, lapangan pekerjaan tetap dan pekerjaan yang layak bagi semua
orang
i.
Membangun infrastruktur yang kuat,
meningkatkan industrialisasi yang berkesinambungan
j.
Mengurangi kesenjangan di dalam dan antar
negara
k.
Membangun perkotaan dan perumahan yang
ramah, aman, kuat dan berkesinambungan
l.
Menjamin pola penggunaan dan produksi yang
berkesinambungan
m.
Mengambil tindakan darurat untuk melawan
perubahan iklim dan dampaknya
n.
Menjaga dan menggunakan sumber daya laut
secara berkesinambungan
o.
Menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati
(hutan, gurun, bumi, dll.)
p.
Membangun dan menyamaratakan sistem keadilan
bagi semua orang
q.
Memperkuat media implementasi dan
revitalisasi kemitraaan global demi perkembangan yang berkesinambungan
DAFTAR PUSTAKA:
http://www.samsung.com/id/
Komentar
Posting Komentar